Kewirausahaan pt 9

Konsep Penyusunan Business Plan

Pada kuliah kali ini akan dibahas secara ringkas dan tepat tentang konsep penyusunan bisnis plan, berikut ini adalah poin-poinnya

  1. Perencanaan
  2. Konsep Perencanaan Sebagai Suatu Proses
  3. Kriteria dalam Perencanaan
  4. Apa itu Business Plan (BP)?
  5. Peran Business Plan
  6. Format Business Plan
  7. Hal yang Perlu Dihindari dalam Penyusunan Business Plan

Perencanaan

  • Secara sederhana:
    “Berpikir sebelum bertindak atau berhitung sebelum melangkah”.
  • Perlu ditulis dan didokumentasikan.

Konsep Perencanaan Sebagai Suatu Proses

Konsep

Kriteria dalam Perencanaan

SMART:

  • Specific
  • Measureable
  • Attainable
  • Relevant
  • Timely

Selain itu juga 5W1H

Apa itu Business Plan (BP)?

Suatu dokumen tertulis yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan ringkas suatu rencana bisnis/usaha yang akan dikembangkan.

Manfaat yang diharapkan:

  • Pedoman utama dalam mempertajam rencana-rencana yang diharapkan dan akan dikembangkan.
  • Kegiatan bisnis yg akan dilaksanakan/sedang berjalan tetap pada jalur yg direncanakan.
  • Tools untuk mencari dana/kepercayaan dari pihak ketiga (investor, lembaga keuangan, dll.).

Peran Business Plan

  • Mempunyai peran penting dan strategis bagi kesuksesan suatu usaha.
  • 3 informasi penting dalam perencanaan:
    • Kemana kita akan menuju (tujuan)
    • Dimana posisi kita sekarang
    • Bagaimana kita akan mencapai tujuan tersebut dari posisi yang sekarang (Strategi)

Format Business Plan

  1. Halaman Judul
  2. Ringkasan Eksekutif
  3. Pendahuluan
  4. Products and Services
  5. Marketing Plan
  6. Operational Plan
  7. Management and Organization
  8. Financial Plan
  9. Analisis-analisis yang dibutuhkan
  10. Lampiran: Terminologi, Data Pendukung, dst.

Hal-hal pada isi business plan dibahas setelah ini.

Hal yang Perlu Dihindari dalam Penyusunan Business Plan

  • Tujuan dan sasaran tidak realistis
  • Dilakukan secara tidak cermat, tidak akurat, dan tidak dapat meyakinkan.
  • Tidak adanya komitmen dari para pelaku/pembuat keputusan
  • Tidak menggunakan bahasa baku dan banyaknya kesalahan tulis.

Format Business Plan

Halaman Judul

Kriteria:

  • Kesesuaian. Susunan dan design dapat mewakili jenis dan karakter dari usaha yang akan diusulkan/dikembangkan.
  • Ketersediaan Logo/Lambang Usaha.
  • Informatif. Berisi  informasi nama usaha, alamat tempat usaha, alamat website, e-mail, dan nomor telepon yang dapat dihubungi apabila calon investor atau konsumen akan menghubungi.

Ringkasan Eksekutif

  • Sebagai titik perhatian (highlight) Business Plan  ditulis setelah dokumen Business Plan selesai dibuat.
  • Tujuan: Menggambarkan secara ringkas Business Plan yang dibuat pengusul kepada ‘pembaca’.
  • Harus jelas, tepat, dan singkat (maks 2 hal.).
  • Informasi:
    • Mengapa/latar belakang usaha
    • Deskripsi singkat & tujuan usaha
    • Strategi-strategi penting

Analisis-Analisis yang dibutuhkan

Analisis SWOT

Pada Bisnis Plan juga sebaiknya dicantumkan analisis SWOT. Mengelompokkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bisnis menjadi:

  • Faktor Internal: Strength & Weaknesses (Kekuatan & Kelemahan)
  • Faktor Eksternal: Opportunities & Threats (Peluang dan Tantangan)

Strength

  • Mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan.
  • Mengidentifikasi kompetensi khusus yang dimiliki (yang tidak dimiliki oleh para pesaing).
  • Berkontribusi pada pembuatan strategi  keunggulan bersaing.

Weakness

  • Mengidentifikasi kemampuan yang belum/tidak dimiliki untuk mencapai tujuan.
  • Mengidentifikasi kompetensi khusus para pesaing.
  • Strategi mengurangi kelemahan: mengoreksi, meminimalisasi, atau meningkatkan diri.

Opportunities

  • Mengidentifikasi faktor peluang yang ada di lingkungan eksternal.
  • Jika peluang terlewatkan, maka para pesaing yang akan memanfaatkannya.

Threats

  • Mengidentifikasi faktor tantangan yang ada di lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi usaha.

Analisis Keunggulan Bersaing

  • Elemen-elemen keunggulan bersaing
    • potensi keunggulan bersaing : keahlian, teknologi, sumber daya dll
    • posisi keunggulan bersaing : kapan, dimana dan bagaimana kita bersaing
    • kinerja yang dihasilkan : kepuasan, loyalitas, market share, keuntungan

Dokumen Pendukung

  • Dokumen-dokumen pendukung
    • Terminologi
    • Referensi
    • Lampiran-lampiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: