Untai Elektrik pt 1

Pak Mulyana. Ternyata ngajar nya asik juga. bahasanya juga pake bahasa yang bersahabat. Tapi sayangnya le ngajar cepet banget!!! Untuk Nilai gak tau aku pak Mulyana pelit apa nggak ngasih nilai.

Aku dah bilang kalo paknya cepet banget kalo nulis, jadi wajar kalo kalian gak wajar apa yang aku tulis setelah ini. Karena ku juga nyalin dari papan tulisnya loncat-loncat. Mohon maaf!

Untuk pelajaran Untai Elektrik ini ada buku acuan yang ditawarkan paknya

  • Joseph A. Ced Minister dan Ir. Sahat Palepahan, “Rangkaian Listrik“, Erlangga
  • ME. Van Valbenberg, “Network Analysis“, Prentice Hall of India New Delhi

Pertemuan pertama ini judulnya:

Elemen Rangkaian, Konsep Impedansi,
…(gak kecatet), Admitans, dan Daya

1. Resistansi

Resitansi adalah elemen yang menyatakan desipasi daya.

V = I·R

Tegangan sesaat

V = VM sin ωt

V = Vf <0

I = If <0

Rumus efektif adalah maksimum/akar2. Contoh If = IM/2

Daya rerata adalah Integral daya per waktu. (Dengan rumus sedemikian rupa dipapan tulis jadilah rumus dibawah ini)

P = 1/2·VM·IM = Vf·If

Daya ini disebut daya aktif karena diambil dari catu daya dan didesipasi jadi panas.

2. Kapasitans

Kapasitans pada dasarnya 2 bagian berbahan konduktor yang terpisah oleh isolasi.

C = q/V

V = 1/2·q·V = 1/2·C·V2

Diketahui tidak ada arus yang mengalir yang melewati Kapasitor. Namun perubahan muatan tiap satuan waktu dapat dianggap sebagai/mirip dengan arus. dirumuskan dengan

i = dt/dt

2-1 Tegangan Sinus pada Kapasitans

(rumus dibawah ini jangan terlalu dianggap serius, kayaknya aku salah tulis)
V = VM sin ωt

i = ω C VM cos ωt
i = ω C VM sin(ωt + 90°)
i = IM sin(ωt + 90°)

Sehingga (mulai dari sini kayaknya dah bener)

V = Vf <0°
I = If <90°
I = V/(-jXC) = V/(-j(1/ω·C))

Daya sesaat yang masuk ke kapasitans

P = V·I = 1/2·VM·IM·sin 2ωt

jika dilihat dar rumus diatas, maka rerata dayanya adalah 0.

Habis itu aku ketiduran di kelas. . . Zzzz. . . Zzzz. . . Zzzz. . . tau-tau materinya udah mpe 4. Edan dah!!😦

4. Konsep Impedans

V = Z·I

Dah!! Cukup! Nyerah aku. belum nulis apa-apa udah ganti slidenya. . . Doh!! Ya dah terpaksa aku gak bisa nulis apa-apa disini. Dan jalan satu-satunya adalah memfotokopi slide transparan bapak e. Wah sebel e aku sebenernya. Pengalaman fotokopi slide transparan gak ada hasilnya. Gak dibaca sama sekali di kos.😦

Sampi besok!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: