Isyarat Dan Sistem pt 1

Cakupan materi kuliah ini kurang lebih tentang

  1. Macam Sistem
  2. Konsentrasi Pada Sistem Jenis LTI
  3. Mencari Response Sistem Pada Input
    1. Laplace Transform (Sitem Kontinu)
    2. Z – Transform (Sistem Diskrit)
  4. Analisis Isayarat Di Kawasan frekuensi
    • Fuorier Transform
    • Fourier Series
    • Discrete Time Fourier Transform (DFT)
  5. Aplikasi Pada Sistem Umpan Balik
  6. Stabilitas

Untuk buku pegangannya:

Oppenheim, “Signals and Systems“, A Prentice Hall

Dan kuliah pun dimulai. . . jeng-jeng-jeng!

“Apa itu ‘Sistem’?”. Benar-benar pertanyaan yang tenang dan sangat MENGERIKAN!! Karena orang yang ditunjuk harus bisa jawab. Jawab apa aja yang penting jawab, atau kalo gak jawab sama dosennya bakal ditungguin sampe bilang sesuatu. Nyebelin buanget pokokmen!! Kayaknya ini adalah pelajaran yang paling nggak aku suka di semester 3. Dah dilihat materinya gak gua banget, dan juga dosennya yang menakutkan.

Tapi yang kadang lucu juga tuh dosen. Eh gak dink tep aja. Kayak politisi pokoknya (Mang kamu tau politisi kayak apa, rid?? nggak).

So what the f*uck is system??

Sistem adalah kumpulan objek (elemen) yang berorientasi & bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu & mempunyai karakteristik tertentu.

Macam Sistem:

  • Sistem Analisis vs Sistem Dinamis
  • Sistem Analisis bisa dibilang Memoryless karena hanya bergantung pada Sistem input sekarang/saat itu juga.
  • Sistem Dinamis adalah sistem yang ber-Memory. Sistem ini tergantung pada input yang sekarang maupujn sebelumnya, sehingga sitem ini mengingat masa lalu
  • Sistem Causal (non-Anticipaty) vs Sistem non-Causal
  • Sistem Causal penjelasannya adalah kalau ada ouput sekarang maka tanggapan sistemnya terbatas pada input yang masuk ke sistem sebelum sekarang. Gampangnye ada sebab-ada-akibat.
  • Sistem non-Causal penjelasannya adalah sebuah sistem yang respo/tanggapannya tidak hanya tergantung pada input sampai saat sekarang tapi juga tergantung pada input masa datang. Intinya adalah Outputan dari sistem ini merupakan prediksi dari Inputan yang akan datang. (kemungkinan bisa salah outputnya).

Hufh. . . cuma sekian aja nyatetnya. . . tapi lama kerana banyak ditanyain. . . rasanya tegang. Jangan sampe deh ketunjuk. . Hoho. Hm. . . mana ada PR lagi. . . PR nya di apain aku juga gak tau, suruh menuliskan 2 contoh sistem. Terserah apa aja. Mungkin dijelaskan Sistemnya tujuannya, macamnya, dll nya. Ah gtw ah. bngung! Moga minggu depan aku gak ditanyain. Aaamiiinn. . .

2 responses to this post.

  1. Posted by alfando on 16 Oktober 2010 at 9:23 am

    fariiiiiiiiiiid, bahas materi isis sek konvolusi kae plisss….!! mumet tenan aku diajari kae….

    Balas

  2. Posted by bayu on 17 September 2011 at 12:55 am

    weh…blog iki wes lama non aktif..bocah’e sibuk nggrap robot..!! wes, edan tnan fisik mu rid…!! oto kawat balung wesi…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: