Remidi Elektronika Dasar pt 1

Seminggu yang lalu ada pendaftaran Remidi. Nilai yang dah keluar baru Eldas dan yang pasti C. mau gak mau harus ikut remidi.

Pagi yang indah tanpa ada beban apapun . . . ho3 pengennya sih kayak gitu. Tapi pada kenyataanya semalem gak bisa tidur mikirin IP semester 2 yang ancur. Ckckck. 75% (pake persentase biar keren) dari mata kuliah yang 3 SKS semuanya dapet C. . . parah dah. Bisa-bisa aku lulus telad gara-gara cuma bisa ambil 18 SKS.😦 . pa karena aku keseringan keseringan maen dengan bahasa C?? Hm. . . may be

Sekarang dah hari senin, aku pagi2 mikir, “Hm. . . bisa gak ya aku minta nambah matkul yang diremidi hari ini” (ni kasus e pendaftaran dah ditutup, dan nilai matkul yang keluar Matel dan Fistek: “C”). “Moga ae iso aku sambil merengek2, atau merayu2 mas e. . .” (bercanda). Dan aku pun beranjak dari kamas kos ku menuju. . . . kamar mandi. Mandi sek lah ndak mambu . . .

Setelah sampe di kampus, , Eh ketemu Dindi (hoho gpp yo sebut nama, biar lebih real aja). “Lho rid kamu gak ikut remidi pho?”, “Ikut og Eldas, ki meh nambah”, “Bukannya dah gak bisa? Lho Eldas jam 10 lho rid!”. Celinguk liad jam. . . HOH!! sudah jam 10. Aku ra nggowo buku pulpen pula. . . wes lah di perjalanan ke t4 kul bli buku ma pulpen anyar. . .jyan. . .😀

untung gak telad, pak Ipieng cuma lagi cerita2 pembukaan. Skip. . . Skip. . . Skip. . .

oke masuk kepembahasan

BAB I: Pendahuluan

Pak ipieng bilang bab ini biasa di sebut Fisika Elektronika kalo dia ngajar ini, definisi tepatnya pak ipieng bab ini cuma mbahas Gerak Elektronika. Gerak Elektronika nya juga yang diperhatikan hanya tenaga elektron. Tenaga elektron tergantung dari letak elektron di orbit tersebut, makin jauh dari inti makin mempunyai tenaga yang lebih besar. . .

a. Struktur Atom

Struktur atom yang dipakai adalah strukturnya . . . (lupa). mbahas tenaga elektron gitu deh . . . pak ipieng gak jelasin. . .😦

b. Struktur Zat

Ini mbahas tentang bentuk2 susunan atom, ada yang kotak, kubus, kubus dibelah2, ah gak jelas. . . gak dibahas juga ma pak ipieng

c. Semi Konduktor

Dalam elektronika dasarnya adalah elektron. Disini kita akan mbahas semi konduktor, semi konduktor ada yang tipe N (donor)  ada yang tipe P (acceptor). Yang tipe N sudah terlalu kelebihan elektron, sedangkan yang tipe P kekurangan elektron jadi dapat menerima elektron.

E fermiabel Tipe N > dari E fermiabel tipe P, oleh karena itu jika tipe P dan tipe N di sambung akan terjadi arus tertutup (mengalir arus), dan muncul Vd (teg Diode = 0,7V(untuk silicon)). Sambungan ini juga bisa dipakai sebagai sambungan Ohmic (aku gak ngerti sih, tapi karena ada “Ohm” nya pasti berhubungan dengan menghambat gitu dyeh).

BAB II: Diode

Pada bab ini mbahas

a. Macam

b. Sifat

c. Penggunaan diode

– Penyearah: Half dan Full Wave.

– Analisis penyearah, dan terakhir

– Perancangan Penyearah

*Doh pak ipieng ki pie e, , ,😦 Mah cuma mbahas daftar isi. . . gak nambah ilmu nih. . .

BAB III: Transistor (Triode)

a. Macam

ada BJT dan FET. Kalo BJT yang ada Emitor-Basis-Collector. Kalo FET Source-Gate-Drain

b. Sifat

Sifatnya tergantung dari konfigurasi biasnya, untuk BJT, ada Common Emitor, Common Basis, Common Collector. Biasanya si Common Emittor GND nya di Emittor. kalo yang FET gak dijelasin ma pak Ipeieng njelehi og *oops😛.

c. Penggunaan Dasar

d. Amplifier

– Amplifier ada Small Signal

– Large Signal

e. Analisis (baik small/large signal)

tambahannya untuk bab ini mbahas Coupling Circuit.

BAB IV: OpAmp

Diciptakan OpAmp, maksudnya adalah membuat Amplifier yang kalo bisa TIDAK MEMBEBANI sumber Tegangan, dan kalo bisa TIDAK TERBEBANI oleh rangkaian yang disambung k outputnya.

OpAmp ideal Zin = ∞, Av = ∞, Zout ≈ 0. Tapi pada kenyataannya OpAmp yang ada sekarang Av nya  = 10^8.

Selseai deh materi utama keseluruhan dari Eldas. sebagai tambahan pak Ipieng juga mbahas

Multi Electrical Devices

– Transistor Trger Divices (SCR/Thyristor)

IC (khususnya pembuatannya)

– Xtal tunggal

– Film Type

Gak dapet apa-apanih. . . dengan ini juga rekor pak Ipieng jadi mengajar dengan cepat. . . Sekian teman2.  Semoga aku berhasil dapet B di remidi Eldas ini!! Chayo!!

2 responses to this post.

  1. Posted by conan on 24 Oktober 2011 at 8:04 pm

    ini bukan materi pembelajaran….
    ini cuman t4 curhat…
    saya mau materinya lengkap, nggak usah oke’ bahasa yang sangat terlalu norak begini…….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: