Teknik Komputer Dasar pt 1 dan pt 2

Hufh. . . kupikir aku bakal ‘teladan’. Ternyata masuknya jam 8! Gak jadi telad 45 menit deh. . . hehe. . . Hufh, tapi sama aja kayak minggu kemaren, dosennya gak bisa ngajar, karena ada acara. tapi masih mending, dosennya mau dateng. Kita di bagi kelompok dan seperti kuliah pak Markus biasanya. pertama kali, pasti diadakan pretest.

Pretestnya berisi 10 istilah, dan kita disuruh njelasin arti istilah tersebut. Here they are!

Sistem Operasi

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Decoding

Pengawakodean atau pengawasandian (decoding) adalah proses kebalikan pengkodean (coding), yaitu konversi data yang telah dikirimkan oleh sumber menjadi informasi yang dimengerti oleh penerima.

CPU

Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU.

Segmen

Segmentasi merupakan skema manajemen memori yang mendukung cara pandang seorang programmer terhadap memori.

PSW

Pada komputer, program status word (PSW) adalah area memory atau register perangkat keras yang terdiri dari beberapa informasi tentang status program yang digunakan oleh sistem operasi dan hardware.

RAM

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Flip Flop

Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit data secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang tersimpan tersebut.

FAT

Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas.

Interupsi

Interupsi dalam teknologi informasi merujuk kepada sebuah permintaan terhadap layanan dari CPU yang dibuat baik secara eksternal oleh sebuah perangkat keras (sebagai contoh: oleh disk drive, atau port I/O) atau secara internal oleh CPU itu sendiri.

DMA

Direct Memory Access (DMA) merupakan suatu fitur dari komputer modern dan mikroprosesor yang memungkinkan perangkat keras tertentu subsistem dalam komputer untuk mengakses memori sistem agar dapat membaca maupun menulis secara independen dari Central Processing Unit (CPU).

See ya next week!!

6 responses to this post.

  1. Thanks for your knolage

    Balas

  2. Posted by Hans on 12 Februari 2011 at 6:07 am

    wah…keren mas, dosennya sapa ya, pak Rudi??
    minta bahan kuliahnya donk..tx

    Balas

  3. Posted by ilman on 7 Maret 2011 at 10:28 am

    good

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: