Teknik Komputasi pt 8

VI. DETERMINAN

4.1 Definisi Dasar dan Notasi

Simbol

Simbol Determinan

4.2 Minor Kofaktor

Aku nggak ngerti

4.3 Ekspansi Determinan

Gak ngerti lagi dan Masa bodo. hha

4.4 Sifat-Sifat Penting Determinan

  1. Jika ada 1 baris atau kolom anggotanya 0 semua, maka det nya sama dengan 0
  2. Jika sebuah matriks di transposes, maka nilai determinannya tetap.
  3. Pivoting akan mengubah tanda dari nilai determinan.
  4. Jika ada 2 baris/kolom yang identik, maka determinannya 0.
  5. (yang laennya bisa diliad d ppt yang bisa didownload dibawah. Lanjut aja dulu bacanya.)

4.5 Menghitung Determinan dengan Metode CHIO/ Reduksi/Eliminasi

Perbandingan CHIO dengan metode biasa pada penghitungan determinan ordo 10, CHIO melakukan 340 operasi perkalian dan 300 penjumlahan. Sedangkan metode biasa mencapai 340 juta operasi perkalian dan 4 juta penjumlahan. (What the f***!)

Tahukah kalian apa yang terpikir di otakku saat tahu ada rumus mencari determinan semudah ini?? “Hm. . . mungkin aku bisa menjual metode ini untuk diajarkan ke anak SMA, semacam rumus cepat gitu deh. . . hahaha”.🙂 senyum jahat.

Jadi begini, misal ada sebuah matriks ordo 4 seperti dibawah ini.

Matriks Ordo 4

Nah kalo begini pasti bingung kan nyari determinannya? Nah sekarang coba lihat kolom ke-1 (udah diperhatikan, kan?). Buatlah angka dibawah a11 menjadi sama dengan 0 semua. berarti. . .

  • Baris ke-2 ditambah 2 kali baris ke-1 (gak cuma 1 angka tok, tapi semua ngaka dibaris ke-2 ditambah 2 kali baris ke-1)
  • Baris ke-3 ditambah 3 kali baris ke-1
  • Baris ke-4 dikurangi baris ke-1

Kalo kalian bener dan menangkap apa yang aku maksud hasilnya jadi seperti ini. . .

Langkah 1 CHIO

Nah loh! Pada diagonalnnya ada angka 0, trus gimana donk? Ya kita lakukan pivot aja. Baris ke-2 di tukar dengan baris ke-3. ta-da!

Langkah 1 (Pivot) CHIO

Sekarang lanjut!! Perhatikan kolom ke-2 sekarang (udah?). Buatlah angka dibawah a22 sama dengan 0.

  • Baris ke-3 tetap (karena udah dibawah a22 udah 0)
  • Baris ke-4 ditambah 1/9 kali baris ke-2.

Kalo kalian bener dan menangkap apa yang aku maksud hasilnya jadi seperti ini. . .

Langkah 2 CHIO

Lanjutakn lagi. . . tinggal 1 lagi koq. . .

  • Baris ke-4 ditambah 17/18 kali baris ke-3

Dan hasilnya. . . (ni dah mu langkah terakhir ni).

Langkah 3 CHIO

Okay. . .Kalo sudah sampe sini trus apa yang harus kita lakukan? Kita sudah berhasil membuat segita 0 dibawah. . . maka determinannya samadengan total perkalian diagonalnya dan dikali -1 pangkat berapa kali kita melakukan pivot.

D = a11 × a22 × a33 × a44 × -11

D = 1 × -9 × 2 × 3 1/18 × -1

D = 55

Yuhu!! Like This!! Cara mudah sekali. . . . Kalo pengen pnjelasn yang lebih lengkap klik disini untuk download.

See ya! moga berguna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: