Matematika Teknik pt 8

Tuh kan. . .gak adil. . . Kenapa kalo aku yang dateng di comment. Pas yang laen yang lebih telad dari aku didiemin aja., cuek aja? Why? Hm. . . tapi setelah kupikir-pikir, aku rasa aku melakukan kesalahan. Baru Hipotesis sih, minggu depan mungkin kucoba deh. . .

Hipotesisku. . . “Kalo telad jangan ketuk pintu, nyolonong aja!”. Haha, dan kalo besok hipotesisku terbukti, maka Hipotesisku akan jadi sebuah teori yang luar biasa bagi mahasiswa ELektro!! Hwkwkwk.

Oia ni tadi pelajarannya. . . (klik gambarnya untuk melihat lebih jelas)

INTEGRAL

Definisi Integral

  • F (x) = f (x)
  • F(x) merupakan antiderivative (anti turunan) dari f (x)
  • Notasi nya
    Notasi
    jika dihitung penulisannya
    Antiturunan

Integral Tak Tentu

  1. Intergral Dasar
    Integral Tak Tentu - 1
    *untuk yang atas n ≠1
    **untuk yang bawah, spesial case. . . he3
  2. Integral Sinus
    Integral Tak Tentu - 2
  3. Integral Cosinus
    Integral Tak Tentu - 3


..
.

(dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkap download ppt nya aja dibawah)

Peraturan dalam peng-integral-an

  1. Perkalian dengan konstanta k: (tidak berlaku jika angka k didapat dari x atau mengandung unsur x)
    Rule Integral - 1
  2. Negatif (sama seperti peraturan pertama, diibaratkan k = -1)
    Rule Integral - 2
  3. Penjumlahan dan Pengurangan
    Rule Integral - 3

Postingannya gak begitu penting ya? (iya). Mang sih, di SMA kita juga udah dapet, tapi ya buat keren-kerenan aja aku nulis postingan gak penting ini. . . hha. Baru segitu aja sih dosennya menunjukkan ppt nya. tapi sebenernya masih banyak, nih liad aja disini klik untuk download ppt nya.

Hm. . . Kali ini dosennya melakukan inovasi baru! (Waw. . . ). Kita disuruh buat kelompok yang beranggotakan maks 6 orang dan tugasnya adalah membuat MAKALAH!! Oh no! Kelompokku dapet tugas yang temanya “Deret dan Baris”. Hadeh. . . Bisa gak ya? Mana dikasih waktu cuma seminggu lagee. . .😦 Tjapek deh. . .

Ini menambahkan ketidak pentingan dari poting ini. . . (adeh). Tadi dosennya ngasih latihan-latihan soal ini salah satunya. (Gak aku tulis semua disini, males).

Contoh Soal Integral 1

Nah disini kita buat permisalan. Sebenernya disini butuh pemikiran lebih, kita gak boleh membuat sembarang permisalan. Gampangannya kita bikin permisalan yang bisa membuat 2y atau y nya saja hilang setlah kita melakukan peumpamaan. (Nyantol??). Ya udah lanjut aja dah.

Perumpamaan Integral 1

Nah. . . Langkah terakhirnya

Penyelesaian Soal Integral 1

*ta-da!* selesai!

Hm. . . tapi di postingan Matek pt 8 yang gak begitu penting kali ini, ada sesuatu yang mungkin berharga bagi kalian. Setelah kuliah selesai, si Ty njelasin something kita (beberapa anak kelasQ), yaitu. . .

Integral x^-1

Wohoho keren kan? Sebelum menyelesaikan ini kita harus tahu kalo turunan terhadap x dari ex adalah ex, berarti turunan terhadap y dari ey adalah juga ey. Dan kemudian kita lanjutkan, misal x = ey.

Penyelesaian 1 Integral x^-1

Lalu y nya kita ganti, , , tapi tunggu! y kita gnti apaan? Kalo gitu perhatikan ini.

Log base e

Jadi. . .

Integral x^-1 =

Dah gitu aja Posting Matek kali ini. . .  Hahaha Nambah ilmu kalian khan? Jangan lupa komment lho! hha!

One response to this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: