Matematika Teknik pt 6

Huft . .  benar-benar dosen yang sangat rajin!! Dia adalah dosen paling rajin yang pernah ada. Dosen Matematika! *eng-ing-eng!*. Untung aku gak telad, kalo aku telad, gak boleh masuk, bisa repot aku! (Sebenernya aku telat sih tapi dikit. . . dikit banget!)

Hm . . . Aku harus bersyukur, tau kenapa? kemaren insomnia ku merajalela, tidur jam 2.10 dini hari gue! Aku juga gak tau kenapa koq aku bisa bangun sendiri. Hm. . . mungkin karena hatiku udah takut m a ibu dosennya itu kali yak? Jadinya . . . *Jlug!* tiba-tiba bangun gitu deh.

Aku dateng kekelas gurunya udah nulis di papan tulis. Dia lagi nulis pembagian kelompok. Aku masuk kelompok 4 (yang NIM nya 35099 – 35107)

Habis nulis kelompoknya trus nulis soalnya. . . Sekarang BAB-nya tentang

TURUNAN

Soal:

A.

  1. 2x3 – 3y2 = 8
  2. y2 = x2 + sin (xy)
  3. x3 + y3 – 9xy = 0

B.

Carilah contoh 3 Aplikasi dari turunan (kalo bisa yang meliputi ke-Teknik-an). *Ciri khas dosen ini pasti ada soal contoh aplikasi, hawakaka.

Jawab:

Aku sih gak ngerjain no 1, karena kalo itu kan dah pasti ketemu, , aku ngerjain yang no 3 dulu, yang kayaknya handicapnya agak susah.

Yang ngerjain no 1 itu temenku. . .

2x3 – 3y2 = 8

di buat “y =” dulu ma dia. . .

Difernsial

Selesai soal no 1. Tapi keluar dari mulut buaya masuk ke mulut kadal. Ternyata no 2 tidak semudah membalikkan tangan!! Tapi sebelum mbahas no 2, kita mbahas no 3. Yang dari tadi aku kerjain cuma menang is nya doang. . .

Butek dah sebutek2nya, tingkat kebodohan aku matemenku sama, jadi ya sama-sama gak ngerti. . . Tapi setelah merampas hak orang lain membaca dengan merebut buku secara halus. . . Akhirnya kita mengerti! Ternyata ada Diferensial Eksplisit *jreng-jreng*

Langsung mbahas no 3 aja

x3 + y3 – 9xy = 0

Jadi caranya mencari y’ (dy/dx) nya adalah… pertama semuanya di turunkan terhadap x.

*Kedua ruas lho!! Karena pada soal ini sebuah angka (dan nol pula) jadi pendeferensialannya gak aku tulis.

Implisit no 3.1

Nah lo! ada masalah di suku yang ke 2. . . cara mendeferensialkannya bagaimana? sedangkan tidak ada x yang bisa dideferensial. Caranya adalah dikali dengan dy/dy

Implisit no 3.2

kita kan suruh nyari dy/dx, jadi dibiarkan seperti itu aja. Hm. . .  disuku ke tiga kita menemukan masalah lagi! disini ada x dan y! Kalian inget

uv = u’v+uv’

Nah kalo gitu jadinya kayak gini:

Implisit no 3.3

Selesai deh!!

Ya begitulah seterusnya, walau terlihat beda, sebenarnya sama koq. Tenang aja!

Tambahan untuk soal no 2. Nggak aku tulis semua sih. . . (males!)

Implisit Trigonometri

Sekian dulu postingan hari ini! Terima kasih!🙂.Jangan lupa Komennya ya! Untuk yang soal B tentang aplikasi, udah dikerjain ma anggota kelompok kita! he3

3 responses to this post.

  1. Posted by noerismail on 13 Oktober 2009 at 1:37 pm

    gampang nggo coroku rid,,mending coroku upload wae,,haha

    Balas

Tinggalkan Balasan

