Pemrograman Dasar pt 6

Hari ini pak Bondhan agak telad, gak tau kenapa juga.

Kita disuruh buat maju dan menjelaskan tugas kita didepan anak-anak yang lain. Tugas yang ke tiga, yaitu tentang matriks, , , Aku berharap aku yang maju, , (ho3).

Seperti biasa, pak Bondhan yang datang setengah jam lebih telat dari seharusnya mbuka emailnya, , hoho terlihat disana banyak unread inbox, , ada banyak anak yang ngumpulin tugas. OH NO!!! Ternyata bukan aku yang pertama yang ngumpulin tugas! So sad. . .😦

Banyak yang ngumpulin tugas sebelum aku. Yang paling pertama itu adalah si Th (temen sekelasku). Tapi ternyata itu adalah tugas ke 2 sodara-sodara, , hwehehehe. . Dia disuruh maju kedepan buat njelasin yang tugas ke dua itu . . . blablabla

SKIP…

Karena yang disuruh maju kedepan banyak, jadi menyita waktu yang sangat banyak, padahal pak Bondhan sendiri belum menjelaskan materi tentang structur data yang dijanjikannya minggu lalu. Ditambah lagi dia dapet telp yang membuatnya gak bisa berlama-lama ngajar di kelas. . . Haduh.  . Ckckck dosen mang seenaknya nih. .

Apa ya alasan dosen dengan memutuskan tidak peduli siswanya pinter apa nggak? Taunya nilai yang keluar ya dari nilai-nilai ulangan.

Sebelum pergi, dosen kita ini menjelaskan sedikit tentang struct data.

Struct data itu ternyata adalah sebuah deklarasi baru variable. Kalo yang biasanya kan cuma int, float, char, dll. Sebenernya belum dijelasin secara gamblang sih, , , tapi ya mu gimana lagi. . . Oia, kami dikasih filenya, (udah agak kuubah dikit sih, biar kalian mudah mengerti, ini Source code headernya. . . (mylib.h))

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

struct mahasiswa

{

char nama[50]; //Arraynya 50, sehingga memungkin kan menuliskan nama hingga 50 karakter
int nim ;
int n_urut;

};

Nah setelah membuat ini kalian sudah membuat deklarasi baru sebuah variabel. Kalo dulu cuma

int blablabla;

sekarang

struct mahasiswa blablabla;

Mari kita lihat main.c nya

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <time.h>
#include “mylib.h”
#define LIMIT_MAX 9
//Variabel LIMIT_MAX=9 dan gak bisa diubah oleh apapun

int main()

{

struct mahasiswa PD09_S[10]={{“a”,51,1}, {“b”,52,2}, {“c”,53,3}, {“d”,54,4}, {“e”,55,5}, {“f”,56,6},{“g”,57,7}, {“h”,58,8}, {“i”,59,9}, {“j”,60,10}}; //Sebuah variabel array PD09_S yang jumlahnya sepuluh, yang tiap arraynya berisi 3 hal seperti yang jabarkan di header (mylib.h) yaitu nama, nim, dan n_urut
int i, r=0; //Variabel int i dan int r =0

srand(time(NULL)); //Melakukan pe-random-annya menggunakan time based
while (r==0) //Saat r samadengan 0, lakukan. . .

r = rand()%LIMIT_MAX; //Mengisi value r dengan cara random dan tidak lebih dari 9 (LIMIT_MAX)

//Setelah keluar value r maka nilai r tersebut mengisi semua yang dibawah ini. . .

printf(“Nama = %s\n, PD09_S[r].nama); //Output nama dari Variabel PD09_S[r], ingat! pake titik! bukan koma! Dan kenapa pake %s bukan %c? padahalkan deklarasi dari nama adalah char. %s gunanya untuk menampilakan string. Sedangkan %c hanya karakter.
printf(“NIM = %d\n”, PD09_S[r].nim); //Output nim dari Variabel PD09_S[r]
printf(“Nomor Urut = %d\n”, PD09_S[r].n_urut); //Output n_urut dari Variabel PD09_S[r]

}

Selesai deh program hari ini, , , Kalian coba compile aja, oia, jangan lupa file headernya, dan #include headernya!

Dibawah ini ada penjelasan tambahan,

struct mahasiswa PD09_S[10]={{“a”,51,1}, {“b”,52,2}, {“c”,53,3}, {“d”,54,4}, {“e”,55,5}, {“f”,56,6},{“g”,57,7}, {“h”,58,8}, {“i”,59,9}, {“j”,60,10}};

divisualisasikan menjadi. . .

PD09_S[0]

char nama[50]

a

int nim

51

int no_urut

1

PD09_S[1]

char nama[50]

b

int nim

52

int no_urut

2

PD09_S[2]

char nama[50]

c

int nim

53

int no_urut

3

……

PD09_S[9]

char nama[50]

j

int nim

60

int no_urut

10

trus pada saat

while (r==0) r = rand()%LIMIT_MAX;

misalnya r yang didapet 5, jadi r = 5
Maka. . .

printf(“Nama = %s\n, PD09_S[r].nama);

Jadi…

printf(“Nama = %s\n, PD09_S[5].nama);

Yang di printout adalah

PD09_S[5]

char nama[50]

e

Begitu juga seterusnya untuk yang nim dan n_urut.

Hufh. . . Kalian ngerti gak?? hehe3 wajar aja sih kalo agak susah, ni juga pemahaman dan penjelsan dari sudut pandangku.

Setelah njelasin itu semua pak Bondhan ngasih PR. . . *Tjapek deh!* Udah tau belum ngeri juga. . .😦. Tugasnya suruh mengganti semua isi variabel PD09_S[10] dengan semua nama siswa kelas B. trus ditambahi fitur rata-rata dll. Ya pokoknya tugas yang paling bagus bakal digunakn ma pak Bondhan.

Hm . . . kalo dipikir-pikir pak Bondhan tadi waktu di telp ngomongnya 10 menit lagi akan berangkat, tapi dia njelasin 30 menit sendiri karena kita gak ngerti-ngerti kasian banget. . . he3

Oia, tugasnya ada tambahan, , yaitu pake fitur fopen(). Apakah itu, , aku juga gak tahu, , , kita lihat penjelasnnya minggu depan. Thank for the attention, and dont forget to comment!!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: