Pemrograman Dasar pt 2

Karena minggu kemaren (pertemuan ke-2) pak Bondhan berhalangan untuk mengajar, sehingga yang seharusnya ngajar hari selasa jadi ngajar hari senin ini, dan besok juga ada lagi (pt ke-3).

Untuk hari ini dosennya awal-awal njelasin agak ngelantur gitu deh,,  ya gak ngalantur juga, mungkin suatu saat ada gunanya tapi belum kelihatan maksudnya apa, ya jadi. . .

Pertama panjang lebar njelasin tentang komputer, CPU, RAM, South & North Bridge, L Chace, dll deh. . . lumayan sih jadi bisa tau lebih banyak dan tambah ilmu (sama aja kale. . .). Trus njelasin siapa dulu pengonsep komputer itu. hm. . . aku baru tahu namanya yang membuat bilangan berbasis 2 (biner), namnya Boll Algebra. (Oia, guruna trus mengulang2 kata “mereka mengonsep kayak gitu tanpa tahu apa yang terjadi jauh kedepannya, jadilah seperti sekarang, komputer super canggih”. Seakan berusaha memotivasi kita dosennya. he3). Dan 1 jam pun berlalu. . .

Anw, ya udah jangan kebanyakan basa-basinya, , kembali ke bahasa C. Sedih banget deh gue. . . Udah capek mbaca 1 chapter setangah dengan susah payah memahami, malah di jelasin (ya emang sih tugasnya dosen njelasin), kan yang gak mbaca jadi ngerti tanpa susah payah. . .😦 Enak banget. . .

Hm. . . tapi yo bagi juga sih, , ada hal-hal baru (ya yang di luar 1 setengah chapter yang udah kubaca). Yaitu fungsi Array! Ternyata Array itu semacam bagan, untuk pelajran kali ini bagannya cuma 1 kolom aja, untuk yang dua kolom, 3 kolom, dst (yang 2 dimensi), ada juga katanya yang tiga dimensi (wow!) berarti x, y, z donk!! gelo!!

Jadi kalo di jelasin:

misal diberikan sebuah variable data datanya misalnya 10.

int data[10];

data[1]=5;
data[2]=89;
.
.
.
data[10]=14;

divisualisasikan jadi

5

89

.

.

.

.

.

.

.

14

jelas beda kan sama. . .

int data;

data=12

Cuma 1 aja kan?? Ya itulah bedanya. . . Trus tadi juga latihan buat program dibimbing ma dosennya juga sih:

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <math.h>

int main(void)

{

int data[10]; //Variable data sebanyak 10 buah
int i; //Digunakan berapa kali loop nya
int n=10; //Banyaknya data
int sum=0; //Jumlah data
int limit=100; //Angka yg muncul dibatasi hanya dibawah 100
float rerata; //Output rata-rata

srand (time(NULL)); //Tipe pengacakan angka disini pakai waktu
for(i=0;  i<n;  i++)

{

data[i]=rand%limit; //Input data ke-i secara acak & <100
sum=sum+data; //Peng-update-an variable sum
printf(“Data %d = %d\t\tSum = %d\n”, i, data[i], sum);
//Printout data & jumlah data

}

rerata=(float)sum/n; //Perumusan Rata-rata
printf(“Rata-ratanya adalah %f”, rerata); //Printout Rata-rata

}

Udah deh, menurutku yang di atas itu udah cukup koq, ternyata dosennya juga ngerasa kayak gitu. . . so tanpa basi-basi lagi-lagi dosennya ngasih tugas. . .

  1. Munculkan data sampe 100 data
  2. Rata-rata
  3. Deviasi Standard
  4. Nilai Max
  5. Nilai Min

~End~

*Ni tambahan aja dari aku, tentang yang limit kurang dari seratus 100 itu. Bukan berarti angka randomnya mengambil 0-99, tapi hanya angka random yang muncul kemudian dibagi sepuluh sisanya kemudian yang diinput jadi data.

Misal limitnya 7 jika dirandom yang keluar angka 15, maka yang diinput 1. Karena sisa pembagiannya satu.

Ada yang sepikiran dengan ku kalo untuk membatasi bilangan dengan di modulus (lambangnya: %) itu aneh??

2 responses to this post.

  1. Posted by sandi99 on 11 Oktober 2009 at 2:49 pm

    perbedaan antara header
    stdio.h
    stdlib.h
    math.h
    apa rid??

    Balas

  2. Posted by sandi99 on 11 Oktober 2009 at 2:50 pm

    #include

    int main(void) {
    printf(“Hello, World!\n”);
    return 0;
    }

    sya nemu syntak ini..
    kegunaan return ma void apa y???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: