Teknik Komputasi pt 1

Kuliah tentang Komputasi hari ini, dimulai pukul 07.00. Tapi sok-sok gurunya juga telad sih datengnya, sucks! Tapi something happening!! Aku bangun jam 07.30!!! uwedian!! gue nyampe kelas tau-tau dah telad 45 menit bo!! Gak tau ni dosennya telad pa kagak. . .😦 Hiks, , , jadi gak bisa nulis lengkap nih hari ini di blog!!😦

Post ini isinya Teknik Komputasi BAB I

I. PENDAHULUAN

Oke langsung aja
Gue dateng di sana udah ada muncul tulisan sebuah rumus yang rumit.😦

y = √(1 + cos2x)

x

Result
8 1.40734
16 1.38709
20 1.37223
85 1.00379

Kurang lebih kayak gitu yang di tampilin di LCD, gue belum ngerti maksudnya, , , tapi setelah dijelasin bapak e, bapak e bilang “Apakah ini bilangan Exact atau Approximate??”. Oalah, , , batinku, , ya itu sih bilangan approximate lah, karena cosinus itu kan hasilnya pendekatan, trus akar kuadrat juga pendekatan, maka hasilnya approximate a.k.a pembulatan/pendekatan.

Nah ternyata yang kayak gitu-gitu yang di ajari di Teknik Komputasi. Maksudnya komputasi disini adalah computer gak bias menghitung seperti manusi yang continue, tapi pake metode pendekatan. . . misalnya contoh di bawah ini (untuk melebih jelaskan pengertiannya)

Carilah luas daerah yang dibatasi

y = 4 – 2x2 & sumbu x

 

Curve

Curve

 

dah pasti kan kalian pake humus integral yang hasilnya nanti adalah 20/3 (ini hasil yang exact)

Tapi cara yang di pakai komp itu berbeda, dia menggunakan kubus-kubus seperti di bawah ini:

Curve + Trapesium

Curve + Trapesium

Luas kubus 1 = 1,375 (Misalnya aja lho!! Coz gambarnya seadanya)
Luas kubus 2 = 1,875
Luas kubus 3 = 1,875
Luas kubus 4 = 1,375

Jumlahnya = 6,5 (selisihnya 1,66..)

Selisihnya tidak begitu jauh kan? ? Nah itu kalo di bagi menjadi 4 bangun, bagaimana kalau di bangun jadi 1000 bangun? Jelas akan sangat teramat mendekati sekali hasilnya dengan hasil yang exact.

Yah kira-kira begitulah ringkasan persentasi yang awal-awal gue liad, , gak sempet gue tulis di kertas.  . tapi ada yang ditulis dikertas, gak tau nih bisa di mengerti apa nggak. . . He3

  • Metode Analitik (Analitical Method) – Metode Sejati – metode yang memberikan solusi sejati atau solusi sesungguhnya yaitu solusi yang memiliki galat = 0. (untuk kesananya bakal banyak istilah galat, ada yang tau galat apaan?)
  • Ketika Metode Analitik tidak mampu lagi digunakan Metode Numerik (Numeric Method). (di jelaskan ma gurunya, kan masih gampang misalnya tambah-tambahan 10 variabel, gimana kalo 4 juta variabel?? … *hanya terdiam*)
  • Metode Numerik memberika Solusi Hampiran/Pendekatan (Approximate Solution), dimana galatnya ≠ 0. (nah lho!! Tambah bingung kan?? Sama!)
  • Galat solusi hampiran ini dibuat skecil mungkin hingga mendekati nol sehingga solusi hampirannya mendekati solusi sejati dengan ketelitian yang sangat tinggi.

Untuk contoh Metode Numerik tadi, contohnya adalah menghitung luas kurva dengan pembagian wilayah menggunakn trapesium, trapesium yang sangat banyak.

Trus ada lagi nih yang aku tulis. . . gak tau apaan

Analitik

  • Solusi berbentuk fungsi matematik yang evaluasinya dapat menghasilkan angka
  • Solusi selalu berbentuk angka
  • Merupakan angka sejati, tidak ada galat.
  • Galat (duh nie yang terkahir koq aku Cuma nulis gini yak?? Maksudnya apa coba? hwehehe)

Dan agak kaget juga koq tiba-tiba udah ke…

1.2.1 Pengertian Matematika

Matematika adalah Ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan dan prsedur operasional yang digunakan dalam menyelasikan masalah (KBBI)
….
(dst, gak sempet gue catet karena udah ganti slide)

Trus ada lgi yang gak jelas…

Contoh Aksioma:

 

Aksioma

Aksioma

1.2 Matematika Sebuah Sarana Permodelan (koq 1.2 ya?? Masa mbalik lagi??)

Perbedaan teorema hukum fisika dan teori matematika adalah teorima fisika di uji dengan percobaan, sedangkan teori matematika di uji dengan ketepatan bukti. (Kagak ngerti maksudnya… :()

1.2.2 Matematika

  • Model Deterministik (Pasti)
  • Model Nodeter (Ketidak pastian, *di jelasin ma dosennya sih katanya, misalnya saat membuat roket, spekulasi angin ke arah mana adalah ketidak pastian*)
  • Model Operasional (Model berbasis operasi yang berusaha mensimulasikan proses yang akan terjadi)
  • Model Perencanaan (Model yang dibentuk berbasis pada rencana, sasaran, maupun tujuan)

Secara matematis model bentuknya

f (a) = b

Operasi dengan operato f (.) atas a (yang nilainya harus dicari. . .
(kepotong coz gak sempet le nyatet)
Berbeda dengan kasus berikut…
(kepotong lagi)
Pemetaan disebut satu-satu
(lagi)

1.3 Komputasi

Komputasi adalah kegiatan mendapatkan penyelesaian/solusi atas persoalan yang dinyatakan dalam model matematis.

Teknik komputasi adalah perangkat ilmu tentang alat (biasanya komputer), metode (yang disebut alogaritma) dan teori (bukti matematis bahwa komputasi memberi hasil yang benar) yang diperlukan melaksanakan Komputasi.

Beberapa bahasa pemrograman (MATLAB *yg dipake ma dosennya*, Scilab, Mathcad, Fortran, C, C++)

1.4 Algoritma (1)

Algoritma adalah istilah baku untuk proses komputasi berulang untuk pemecahan masalah, yang terdiri atas deretan pernyataan.

1.4 Algortma (2)

  • Ciri Algoritma
  • Selalu memiliki terminasi/langkah akhir
  • Setiap langkah dinyatakan secara jelas dan tegas
  • Setiap langkah sederhana, sehingga kinerjanya efektif sehubungan dengan waktu yang efisien tapi bisa diterima oleh akal
  • Memberikan hasil Output

1.5 Masalah dalam Komputasi

  • Efektifitas Komputasi
    Ketelitian
  • Efisiensi Komputasi
    Hal ini berhubungan dengn masalah waktu komputer dan ruangan penggunaan memory

1.6 Macam Galat

  • Galat [Lupa Namanya], misal π = 3,14…, 1/3 = 0,33…, 1/6 = 0,66…
  • Galat Pemotongan, misal ex = 1 + ex + x2/2! + x3/3! + x4/4! + …
  • Galat Perambatan: Galatnya nambah trus setiap uji coba
  • Galat Total

Hahaha, akhirnya. . . dah cukup sekian aja aku nulisnya dari mulai dateng mpe pulang. Sejujurnya kuliah kali ini terasa sangat singkat sekali coz dosennya katanya ada acara sebelum jam 09.00. . . Mu gimana lgi?? Ya udah deh gue pulang aja. . . Tidur lagi. . .

Oia, kalo mu download ppt nya klik disini.

Hahaha. . .

Moga post kali ini berguna bagi kalian. . . Amin deh . . .
(walaupun banyak yang gak kecatet, hwakakaka)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: