Teknik Digital pt 1

Dalam Digital kita mengenal ada 3 Istilah:

  • Sistem Digital: Mikroprosesor, Pengelolaan Sinyal,  Mikro Komputer
  • Elektronika Digital: Gerbang Teknologi/ Technolgy Gate
  • Teknik Digital (Yang sekarang di pelajari): Sirkuit Dasar

Buku Acuan yang di gunakan gurunya (Warnanya ijo, sumpah Tebel banget!!):

DIGITAL SYSTEM Princple & Applications 7th ed
Ronald J. Tocci

Tapi katanya gurunya di baca CUMA sampai Bab 7 aja koq dari banyak Bab. (he3 Lumayan th, pengen beli ah. . . )

Kali ini dosennya ngajarin sama seperti yang sebelum-sbelumnya, cuma perkenalan dan cerita-cerita doang, serta sedikit pengenalan teknik digital. Pada bahwasannya (menurut dosennya) sesuatu yang Digital di dunia ini, juga tidak terlepas dengan Analog, misalnya Handphone kita. memang semuanya digital, seluruhnya sirkuit, tapi untuk penangkap sinyalnya, tranciever, transmiter, bahkan suara manusianya sendiri adalah analog, , , mereka nantinya di ubah kedalam digital.

Beda antaranya adalah

  • Analog itu kontinyu, kondisinya ∞ (tak hingga)
  • Digital itu Deskrit, Ada 2 kondisi 0 & 1 misalnya, ada & tidak ada, dll.

Kelebihan Teknik Digital

  1. Perancangannya mudah
  2. Mudah menyimpan Informasi/Data (juga mudah di manipulasi, misalnya kompresi, enkripsi, dll)
  3. Akurasi (Ketepatan Tempat) & Presisi (Penyebarannya) dapat dikendalikan*
  4. Dapat diprogram (programable)
  5. Kebal terhadap noise (derav)
  6. Mudah di fabrikasi dengan kepadatan tinggi
Akurasi & Presisi

*Akurasi & Presisi

Contoh Kerja Sistem Digital, misal pada Sistem Kendali Suhu

Sistem Kendali Suhu

Sistem Kendali Suhu, *Analog to Digital Converter, **Digital to Analog Converter

Ya gitu deh, tadi kelasnya cuma gitu doang, gak tau tuh, dosennya agak aneh, ngomongnya kurang jelas dan . . . ya gitu, simple2 aja. . . Jadi gak ada yang spesial dalam tulisan ini.

Bye!! Habis ini masih ada kelas nih Pengantar Teknologi Infomatika. (koqsempet-sempetnya ngenet ya?? he3 Peace!! :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: