Matematika Teknik pt 1

I wow, , ternyata dosennya perempuan, lha dari kemaren co semua sih. Namanya Ibu Indah. Dia ngajar Matematika Teknik. Orangnya cukup asik juga. . .

Untuk materi yang ibu Indah bawakan pada pertemuankali ini. . . gak ada. (lho?). Iya,  , dalam pertemuan kali ini digunakan untuk mengenal lebih jauh prodi-prodi yang ada di Teknik Elektro. . . Hm. . . dari penjelasannya sih aku tertarik ma Robotika. He3 Hidup Pecinta Robot Sedunia!!

Trus tadi Qta di tanyain apa bayangan kami tentang Matematika. . . ada yang jawab ‘angka’ lah, ‘bilangan’ lah, ‘susah’ juga, hwakakaka. Dan menjadi sebuah perkenalan yang panjang sampai-sampai papan tulis hampir penuh, , sayangnya aku agak malu untuk memfutu papan tulisnya, jadi. . .  gini juga gpp kan?? he3

Foto Tulisan Di Papan Tulis

Foto Tulisan Di Papan Tulis

*ket gambar: tertulis disana ada f(x), f(x,y), f(x,y,z), dan f(x,y,z,t) *edan  khan??!! trus ada lagi tulisan tentang kalo turunannya v (kecepatan) itu a (percepatan), trus kalo turunannya a?? ada lho! ‘jerk’ adalah turunan percepatan.

Oia ada juga persentasi yang Ibunya persiapin, yaitu tentang Pengantar Matematika Teknik isinya ya tentang. . .

Setelah di tampilin. . . gue langsung cepat2 nulis. . .

PENGANTAR MATEMATIKA TEKNIK
Indah Soesanti, ST, MT
UGM


Kenapa Kita Harus Belajar MTK?

  • Banyak Aplikasi di Bidang TE yang terkait Matematis
  • Pesatnya perkembangan TE

Deskripsi Mata Kuliah
Bilangan Real & Fungsi, Limit & Kontinuitas, Turunan, Aplikasi Tururnan, Integral, Persamaan Fungsi Transeden, Barisan &Deret, Deret Taylor & Deret Maclaurin, Bilangan Kompleks, serta beberapa aplikasi Matematika Teknik.

Baru aja gue segituh (3 Slide), , eh gurunya bilang “gpp, gak usah dicatet ini Ibu kasih Copy-annya. . . .

YAH. . . . ‘Gak bilang dari tadi’ batinku.

Kalo kalian juga pengen memiliki Slidenya klik disini untuk mendownloadnya.

Isi slidenya yang aku rasa penting tuk di catet pada ni blog:

MATERI

  1. Pengantar Matematika Teknik (Sudah Hari Ini)
  2. Lines
    • Increments
    • Slope of a Line
    • Parallel & Perpendicular Lines
    • Equation of Lines
    • Applications
  3. Function
    • Definition
    • Domains and Ranges
    • Even Function, Odd Function
    • Function Difined in Pieces
    • The Absolute Value Function
    • Shift Formula
    • Composite Functions
    • Inverse of a Function
    • Exponential Functions
    • Logarithmic Functions
    • Trigonometric Function
  4. Limits and Continuity
    • Limits of Functions
    • When Can Limit Fail To Exist?
    • Average Speed
    • Instantaneous Speed
    • Limit Rules
    • Limits Involving Infinity
  5. Derivatives
    • Definition
    • Devirative of a Constant,  Powers, Multiples, and Sums
    • Instantaneous Rate of Change and Velocity
    • Derivatives of Trigonometric Functions
    • Implicit Differentation
    • Definition Absolute Extreme Values
  6. Application of Derivatives
    • Extreme Values of Funtions
    • The Mean Value Theorem and Differential Equation
    • The Shape of Graph
    • Second Derivative Test For Concavity
  7. Integration
    • Definition Antiderivative of A Function
    • 6.1 Indefinite Integral
    • Rules of Indefinite Intregation
    • Definite Integral
    • Definition Area Under A Curve (as A Definte Integral)
    • Definition Average (Mean) Value
    • Rules for Definite Intregals
  8. Differential Equations
    • Differential Equations
    • Modelling
    • Hyperbolic Functions
  9. Transcendent
    • Logarithms
    • Exponential Functions
    • The Derivative and Intregal of y = e
  10. Sequence and Series
    • Limits of Sequences of Number
    • Types and Property of Sequences
    • Infinite Series
    • Geometric Series
    • Applications
  11. Taylor & Maclaurin Series
    • Taylor Series
    • Maclaurin Series
    • Fourier Series
  12. Complex Number
    • Complex Number System
    • The Complex Plane
    • Rasional Operations
    • The Complex Number System
    • Argand Diagrams
    • Euler’s Formula

Fuh!!! Edan, Panjang jugag ya materi nya, , kalo masing-masing materinya udah jadi, aku buat linknya deh. . . oke?? he3. Hm.  . bisa gak ya aku mendahului gurunya??😦. Banyak banget!! (disuruh beli buku tebel banget gue. :()

Referensi yang harus di punyai

Thomas, G. B., 2001, Thomas’ Calculus, Addison Wesley Publishing Company, New York

Slide 2

Instantaneous Rate Of Change and Velocity

2 responses to this post.

  1. Posted by melisa on 14 Februari 2010 at 10:27 pm

    beli bukunya dmn tuh thomas calculusnya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: