Mesin Listrik Dasar pt 2

Jujur aja pada matkul ini aku gak kuliah, karena kesiangan. Lha trus rid koq kamu punya catetannya? Ya iyalah, kan pinjem temen. Hoho. Tapi Yang gak aku mudeng tuh contoh soalnya. Mana temenku juga tak kon jelaske jg gak mudeng. Doh! Yang penting belajar. . .

Teori:

Generator DC, urutannya GMA (GGL, Medan Magnet, Arus)
Motor DC, urutannya AMG (Arus, Medan Magnet, GGL)

Metode Tangan Kanan:

Contoh Generator DC (Gambar):

[GAMBAR PPT]

Stator

→ Bagian yang diam pada generator, terdiri dari :

Yoke/Gandar

→ Rangka luar stator

Kutub

→ Inti kutub, Sepatu kutub, Lilitan dari penghantar tembaga, Sikat dari karbon

Rotor (Armature/Jangkar)

→ Bagian yang berputar, terdiri dari :

  1. Kumparan Jangkar (lilitan penghantar)
  2. Inti Jangkar
  3. Komutator dari tembaga

Celah Udara

→ Ruangan antara stator dan rotor

Rumus yang SANGAT TERAMAT PENTING pada Generator DC (bahkan materi selanjutnya)

[RUMUS]

Eg : Tegangan yg dibangkitkan (volt)
? : fluks per kutub (maxwell)
p : banyaknya kutub
rpm : kecepatan putar jangkar
Z : jumlah penghantar pada jangkar
a : banyaknya cabang paralel dari arus pada penghantar jangkar

Contoh soal Generator DC:
(doh bagian ini aku gak ngerti, gawat nih, , , besok harus cari tahu)

Untuk lebih fahamm nya lagi download aja disini. Lumayan lengkapa lho!! Cuma ya nggak ada contoh soalnya. . . Seeya!

http://rapidshare.com/files/321552041/DNV3.part20.rar
About these ads

One response to this post.

  1. Posted by cindy malfica on 15 September 2011 at 9:06 am

    seek, ini mas farid tim robot po ???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: